Image

Optimalisasi seo onpage pada blog

Image

Seo onpage

Cara melakukan optimasi SEO Onpage pada blog sebenarnya sangat mudah jika saudara sudah punya pengetahuannya. Berbeda dengan optimasi Offpage, biarpun anda sudah mempunyai pengetahuannya, tetap saja eksekusinya akan sulit dilakukan.

Apa Itu Optimasi SEO Onpage?

Optimasi SEO atau Search Engine Optimization onpage adalah suatu istilah dalam SEO, yang mengacu kepada segala sesuatu yang saudara lakukan pada komponen-komponen sebuah halaman website. Tujuan utama dari optimasi ini adalah memperbaiki faktor-faktor SEO onpage agar mesin pencari mendapatkan penekanan kata kunci yang benar dari suatu halaman.
Kenapa optimasi ini harus dilakukan? Supaya mesin pencari tidak bingung saat tiba di halaman-halaman blog saudara. Untuk memudahkan saudara memahaminya kita umpamakan saja seperti ini: ada begitu banyak orang di dalam sebuah lapangan, saudara tidak akan bisa membedakan yang mana orang penting dan yang mana orang biasa jika mereka memakai seragam kan? Nah, oleh karena itu dikembangkan sistem atribut. Siapa yang mengenakan atribut jabatan tertinggi, maka dialah yang terpenting….
Sistem atribut inilah yang dipakai oleh Google untuk menentukan, apa saja penekanan dari sebuah halaman web…. Mungkin sekarang teman-teman bertanya apa saja atribut seo onpage itu?

Atribut Dalam Optimasi SEO Onpage

Perhatikan….berikut ini adalah atribut optimasi onpage yang umumnya digunakan:
  • Title tag
  • Meta Description
  • URL
  • Judul Halaman <h1>
  • Judul Artikel <h2>
  • Sub Judul Dalam Artikel <h3>
  • Cetak tebal/miring <b> atau <i>
  • Jika ada gambar, maka harus ada atribut alt
Sekarang pahami ini. Jika suatu kata tidak mengenakan satupun atribut di atas, maka kata itu tidak penting. Jika suatu kata mengenakan 1-3 atribut di atas, maka kata itu pastilah penting. Jika suatu kata muncul dalam semua atribut di atas, maka sudah pasti kata itulah yang paling penting di halaman itu…. Ibaratnya di lapangan upacara orang ini adalah jenderal besar dengan begitu banyak pangkat melekat di bajunya…
Jadi saya akan coba membahas masalah onpage ini untuk kedua bagian di atas. Sebelum kita mulai silahkan buka halaman web yang akan saudara nilai onpagenya…. Kalau sudah terbuka, tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber dari halaman web tersebut….

POIN SEO ONPAGE TERTINGGI <head> ADA DI TITLE TAG

Ini hanya ada di bagian <head>, dan kodenya adalah….
<title>Isi dari title tag</title>
Yang terpenting adalah apa saja yang bisa saudara isikan pada title tag ini. Harap hati-hati dalam mengisi title tag, karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa title tag adalah atribut onpage yang terpenting. Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini adalah mahkotanya….Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu saudara ketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi…. Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah:
  • JUDUL ARTIKEL saja, atau
  • JUDUL ARTIKEL – NAMA BLOG….
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL…. Kecuali blog saudara sudah punya reputasi selangit, mau bagaimana saja terserah.

META DESCRIPTION

Ini adalah satu-satunya meta yang menjadi fokus saya (meta robots hanya pada kasus duplikat konten saja). Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
  • Panjangnya maksimal 150 karakter.
  • Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali
  • Tentu saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal….

URL

URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Sebagai contohnya adalah seperti di bawah ini:
Jadi setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang jelas. Sayangnya masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL yang tidak jelas seperti di bawah ini….
http://www.contohsaja.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988
URL seperti di atas tidak mengandung keywords, dan benar-benar menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage.

POIN TINGGI OPTIMASI ONPAGE PADA <body> ADA DI JUDUL HALAMAN <h1>

Judul halaman sudah barang tentu diupayakan mengandung kata kunci yang saudara targetkan, karena bagaimana pun <h1> haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman.

Poin dari <h1> sangat besar di dalam teknik onpage halaman web,

JUDUL ARTIKEL <h2>

Judul artikel kita beri tag h2. Pernah ada yang bertanya apakah nilai onpage tidak berlebih jika judul artikel sama dengan judul halaman? Tentu tidak, karena judul halaman itu h1, dan judul artikel itu h2. Jadi walaupun isinya sama, tapi untuk setiap heading pemunculannya hanya sekali, lagipula selama ini dalam aplikasinya sama sekali tidak ada masalah.

SUB JUDUL DALAM ARTIKEL <h3>

Ini  bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi dari pembahasan saudara.

CETAK TEBAL/MIRING

Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi onpage. Tapi tidak perlu semuanya, cukup pemunculan yang pertama saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dari halaman tersebut.

ALT TAG

Berhubung Google dkk belum bisa mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik onpage, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar….

————————————-

Kalau saudara sudah menerapkan semua poin di atas, maka itulah yang sering kita katakan sebagai sebuah blog SEO friendly, padahal seharusnya istilah yang kita pakai itu SEARCH ENGINE FRIENDLY, tapi karena pencariannya banyak jadi kita ikuti saja hukum keyword ya🙂

contoh penerapan optimasi SEO onpage pada sebuah halaman artikel, header, main, sidebar, dan footer

Salah satu praktek yang saya suka lakukan berdasarkan gambar di atas adalah link-link statis saya letakkan sebelum artikel (header atau sidebar yang ditandai dengan warna merah). Sedangkan link-link atau konten yang dinamis saya taruh setelah artikel (sidebar atau footer yang berwarna hijau). Dengan struktur seperti ini sepertinya saya mendapatkan web yang lebih stabil….

Pelengkap Optimasi SEO Onpage

Kalau semua optimasi SEO onpage di atas sudah anda lakukan, maka ada beberapa tambahan lagi yang perlu saudara perhitungkan….

  • Pastikan konten saudara unik
  • Pastikan juga ada link menuju label
  • Tentunya harus ada link menuju beranda dari blog
  • Ada artikel terkait (related post) berdasarkan label yang bisa dibaca oleh mesin pencari.

Ok, itu saja dulu. Mudah-mudahan materi ini bisa membantu saudara dalam membangun website atau blog yang memiliki SEO onpage yang baik.

2 responses to “Optimalisasi seo onpage pada blog

  1. Kalau untuk wordpress gratisan bisa seo onpage gak bos? Atau hanya dgn theme yg seo friendly aja cukup? Trims…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s